About PAUD Tunas Mawar

Tags

About PAUD Tunas Mawar

Kebutuhan masyarakat terhadap layanan pendidikan anak usia dini (PAUD) cukup besar. Hal itu dibuktikan dengan semakin banyaknya masyarakat yang mengikutsertakan anak-anaknya pada program PAUD. Sementara itu desa kami sebagai desa dalam kategori terpencil belum memiliki lembaga PAUD dari tahun 2007 atas inisiatif kami membuka PAUD Kelompok Bermain, sehingga anak-anak usia dini yang belum terlayani pendidikan. Padahal dari data yang ada, jumlah anak usia 0-6 tahun yang belum mendapatkan layanan PAUD sebanyak 60 anak, terdiri dari: usia 0-2 tahun 15 anak; 2-4 tahun 19 anak; dan usia 4-6 tahun13 anak, data Sekarang sesuai dengan laporan bulanan Desember 2011 yang sudah mendapatkan layanan PAUD sebanyak 36 anak, terdiri dari: usia 0-2 tahun 3 anak; 2-4 tahun 33 anak; dan usia 4-6 tahun 0 anak tercatat sudah 200 lebih anak sudah melalui lembaga ini.

Pada dasarnya anak usia Dini memiliki peran sangat penting dalam pengembangan sumber daya manusia. Oleh sebab itu seorang guru dalam melaksanakan pendidikan kepada anak usia dini memerlukan pendekatan yang tepat agar dapat mengoptimalkan seluruh potensi yang dimiliki anak serta dapat mencerdaskan semua anak usia dini.
Oleh sebab itu kami Yayasan RSUD Dr. Soetomo yang merupakan Pusat Unggulan Taman Penitipan Anak (TPA), Kelompok Bermain (KB), Taman Kanak-Kanak, Pos PAUD dan Posyandu memiliki program pembelajaran berbeda yaitu dengan menggunakan program pembelajaran dengan pendekatan Sentra dan lingkaran dimana anak dapat bermain sambil belajar di setiap sentra dengan cara melingkar tanpa terhalang oleh meja dan kursi sehingga guru dan anak duduk sejajar di bawah
Dengan menggunakan program ini diharapkan anak lebih dapat berinteraksi dengan teman dan guru , dengan menggunakan program pembelajaran tersebut maka kami yang memiliki Visi Untuk mengembangkan Kognitif, Afektif, dan psikomotorik anak sesuai dengan tingkat usia anak serta Misi Ingin mencerdaskan Anak Usia Dini agar berguna bagi Bangsa , benar – benar dapat kami wujudkan .
Dalam pembelajaran ini anak sebagai subyek dan guru sebagai Fasilitator untuk anak yang bertugas menyediakan berbagai alat permainan yang akan dimainkan oleh anak sehingga anak dapat memainkan semua permainan yang dia inginkan.
Dan dalam program kami ini juga memiliki kerjasama dengan Pos Paud dimana kami mengajak Bunda – bunda Paud yang semua terdiri dari kader – kader PKK untuk dapat mengajak anak asuhnya yang berada di Pos Paud untuk dapat bermain sambil belajar di tempat kami tanpa kami menarik biaya apaun sehingga kami dapat mencerdaskan semua anak baik yang mampu maupun yang tidak mampu.
Kami yang tadinya memiliki 6 Sentra di tahun ajaran 2009 – 2010 ini kami menambah 1 sentra lagi yaitu sentra Cooking class ( memasak ) jadi kami sampai dengan saat ini sudah memiliki 7 sentra yan sudah kami jalankan yaitu :
1. Sentra persiapan
2. Sentra Seni dan kreativitas
3. Sentra Pembangunan / balok
4. Sentra bermain peran Mikro dan Makro
5. Sentra Imtaq ( Iman dan Taqwa )
6. Sentra bahan alam cair
7. Sentra Cooking / memasak
Disaat anak bermain Tugas guru adalah mengevaluasi / menilai anak secara langsung , dan kami menggunakan penilaian DDTK ( Diteksi Dini Tumbuh Kembang ) dengan menggunakan DDTK tersebut maka guru akan langsung dapat mengetahui Tumbuh Kembang anak secara langsung sehingga apabila ada anak yang mengalami penyimpangan / bermasalah dengan Tumbuh Kembangnya akan dapat langsung di ketahui dan segera untuk dapat di konsultasikan ke Psikologi / di beri terapi khusus.
   

Terimakasih banyak atas kunjungannya ke Blog PAUD Tunas Mawar
EmoticonEmoticon